KATA MUTIARA BUAT GURU

76 MUTIARA GURU

1. Orang-orang sama indahnya seperti matahari terbenam jika aku bisa membiarkan mereka jadi diri sendiri. Aku tidak mencoba mengatur matahari terbenam; aku melihatnya penuh kekaguman, dan aku paling menyukai diriku ketika aku mengagumi terbentangnya sebuah kehidupan. (Carl Rogers)
2. Anak-anak yang di dalam kelas kita mutlak lebih penting daripada pelajaran yang kita ajarkan kepada mereka. (Meladee McCarty)
3. Diberkatilah satu jiwa manusia yang penyayang dan tulus terhadap jiwa manusia yang lain. (Gorge Eliot)
4. Salah satu tanda pendidik yang hebat adalah kemampuan memimpin murid-murid menjelajahi tempat-tempat baru yang bahkan belum pernah didatangi pendidiknya sendiri (Thomas Groome)
5. Aku telah mencapai sebuah kesimpulan yang menakutkan bahwa aku adalah unsur penentu di dalam kelas. Pendekatan pribadikulah yang menciptakan iklimnya. Suasana hatikulah yang membuat cuacanya. Sebagai seorang guru aku memiliki kekuatan yang sangat besar untuk membuat hidup seseorang menderita atau gembira. Aku bisa menjadi alat penyiksa atau alat pemberi ilham. Aku bisa mempermalukan atau bercanada, melukai atau menyembuhkan. Dalam semua situasi, reaksikulah yang menentukan apakah sebuah krisis akan memuncak atau mereda dan apakah seseorang akan diperlakukan sebagai manusia atau direndahkan. (Haim Ginott)
6. Seorang ibu pernah meminta Gandhi menyuruh putrinya berhenti makan gula. Gandhi menyuruh anak itu datang lagi dua minggu kemudian. Dua minggu kemudian sang ibu membawa putranya ke depan Gandhi. Gandhi berkata kepada anak itu, “Berhentilah makan gula.” Dengan keheranan perempuan itu menjawab, “Terima kasih, tapi saya harus bertanya mengapa Anda tidak memberitahunya dua minggu yang lalu.” Gandhi menjawab, “Dua minggu lalu saya masih makan gula.” (???)
7. Kadang-kadang cahaya kita mati, tetapi dinyalakan lagi oleh seorang manusia lain. Kita semua berutang terima kasih yang paling dalam kepada mereka yang telah menyalakan lagi cahaya ini. (Albert Schweitzer)
8. Arah yang diberikan pendidikan untuk mengawali hidup seseorang akan menentukan masa depannya. (Plato)
9. Mengajar adalah pilihan profesi nomor satu karena gurulah yang mengajari siapa pun cara menjadi orang penting (???)
10. Aku menyentuh masa depan. Aku mengajar. (Christa McAuliffe)
11. Mengajar bukan profesi; mengajar adalah kegemaran. (???)
12. Guru bisa memberitahukan. Guru baik menjelaskan. Guru ulung memeragakan. Guru hebat mengilhami. (William Arthur Ward)
13. Kebajikan saja takkan cukup sebagai modal menjadi seorang guru, demikian juga pengetahuan saya. Anugerah mengajar adalah sebuah bakat yang khas dan melibatkan kebutuhan serta hasrat dalam diri sang guru sediri. (John Jay Chapman)
14. Orang-orang yang mempengaruhimu adalah orang-orang yang mempercayaimu. (Harry Drummond)
15. Siapa pun yang berhenti belajar berarti sudah tua, entah usia dua puluh atau delapan puluh. Siapa pun yang terus belajar akan tetap muda. Hal paling menyenangkan dalam hidup adalah membuat pikiranmu tetap muda. (Henry Ford)
16. Aku seorang guru. Guru adalah seorang yang memimpin. Tidak ada keajaiban di dalam pekerjaanku. Aku tidak berjalan di atas air, aku tidak membelah lautan. Aku hanya mencintai anak-anak. (Marva Collin)
17. Kita tak bisa mengajari orang apapun; kita hanya bisa membantu mereka menemukannya di dalam diri mereka sendiri. (Clile Galilei)
18. Kau bisa membayar orang untuk mengajar, tapi kau tidak bisa membayar mereka untuk peduli. (Marva Collin)
19. Jangan beritahu mereka cara melakukannya, tunjukkan kepada mereka cara melakukannya, dan jangan katakan apa pun. Jika kau memberitahu mereka, mereka akan melihat bibirmu bergerak. Jika kau menunjukkan kepada mereka, mereka akan ingin melakukannya sendiri. (Maria Montessori)
20. Kadang-kadang hati melihat apa yang tak terlihat oleh mata. (H. Jackson Brown, Jr)
21. Salah satu hal terpenting yang bisa dilakukan seorang guru adalah mengirim pulang seorang murid di siang hari dalam keadaan sedikit lebih menyukai dirinya sendiri daripada ketika ia datang di pagi hari. (Ernest Melby)
22. Hatiku menyanyikan sukacita pagi hari. Sebuah mukjizat telah terjadi! Cahaya pemahaman telah menyinari pikiran murid kecilku, dan lihatlah, semua berubah. (Anne Sulivan)
23. Anak-anak adalah sumber alam kita yang paling berharga. (Herbert Hoover)
24. Jika kau harus berteriak, lakukanlah untuk membangkitkan semangat seseorang. (???)
25. Mengajarlah seolah-olah kau sedang mengajar anakmu sendiri. (???)
26. Pengetahuan adalah mempelajari sesuatu setiap hari. Kebijaksanaan adalah melepaskan sesuatu setiap hari. (Pepatah Zen)
27. Yang penting bukan bagaimana caramu hidup, tapi hidup siapa yang kamu ubah dengan hidupmu. (???)
28. Seorang guru yang bisa membangkitkan perasaan untuk berbuat suatu kebaikan dan menciptakan satu puisi indah akan menghasilkan lebih banyak daripada seorang guru yang memenuhi kenangan kita dengan berderet-deret benda nyata, yang digolongkan berdasarkan nama dan bentuk. (Johann Wolfgang von Goethe)
29. Seorang tuan bisa memberitahumu apa yang ia harapkan darimu. Tapi seorang guru membangkitkan pengharapanmu sendiri. (Patricia Neal)
30. Semoga aku bisa cukup peduli, cukup mencintai, cukup berbagi untuk membiarkan orang lain menjadi apa yang bisa mereka capai. (John O’Brien)
31. Salah satu keindahan mengajar adalah tidak ada batasan bagi pertumbuhan seseorang sebagai guru, seperti halnya kita tak bisa memperkirakan berapa banyak yang bisa dipelajari murid-murid kita. (Herbert Kohl)
32. Seni mengajar adalah seni membantu penemuan. (Mark Van Doren)
33. Aku bukan seorang guru tapi seorang pembangkit. (Robert Frost)
34. Yang hebat di dunia ini bukanlah tempat di mana kita berada, tetapi arah yag kita tuju. (Oliver Wendeli Holmes)
35. Pendidikan bukan persiapan untuk hidup, pendidikan adalah hidup itu sendiri. (John Dewey)
36. Meski hanya sedikit, lakukan sesuatu untuk mereka yang memerlukan bantuan, sesuatu yang tidak membuatmu memperoleh bayaran selain kehormatan untuk melakukannya. (Alber Schweitzer)
37. Jangan pernah meragukan keberhasilan sekelompok kecil orang (guru) yang bertekad mengubah dunia; bahkan hanya kelompok seperti itulah yang pernah berhasil melakukannya. (Margareth Mead)
38. Mengajar berarti belajar lagi. (Oliver Wendel Holmes)
39. Hidup seorang anak seperti selembar kertas. Setiap orang yang lewar meninggalkan jejak di atasnya. (Pepatah Cina Kuno)
40. Dalam hidup kita akan terjadi sebuah pertemuan misterius ketika seseorang mengakui siapa diri kita dan kemampuan kita, memicu sirkuit potensi tertinggi kita. (Rusty Berkus)
41. Rahasia pendidikan adalah menghormati sang murid. (Ralph Waldo Emerson)
42. Kebiasaan kita dalam berpikirlah yang membentuk pola hidup kita. Cara berpikir ini lebih mempengaruhi kita daripada hubungan persahabatan. Pengaruh teman-teman kepercayaan kita dalam membentuk hidup kita tidak sebesar pikiran-pikiran yang kita pendam. (J.W. Teal)
43. Kita tidak selalu bisa membangun masa depan generasi muda kita, tapi kita bisa membangun generasi muda kita untuk masa depan. (Franklin D. Roosevelt)
44. Seorang guru berpengaruh selamanya; dia tidak pernah tahu kapan pengaruhnya berakhir. (Henry Adams)
45. Tujuan pendidikan adalah mempersiapkan generasi muda untuk mendidik diri mereka sendiri seumur hidup. (Robert Maynard Hutchins)
46. Pendidikan bukanlah sesuatu yang diperoleh seseorang, tapi pendidikan adalah sebuah proses seumur hidup. (Gloria Steinem)
47. Tujuan mengajar seorang anak adalah untuk membentunya bisa maju tanpa gurunya. (Elbert Hubbard)
48. Murid yang dipersenjatai dengan informasi akan selalu memenangkan pertempuran. (Meladee McCarty)
49. Ketika seorang murid sudah siap, sang guru akan datang. (Pepatah Cina)
50. Setiap murid bisa belajar, hanya saja tidak pada hari yang sama, atau dengan cara yang sama. (George Evans)
51. Kami memohon kekuatan dan roh yang Agung memberi kita kesulitan, yang membuat kita kuat. (Doa Suku Indian)
52. Apa yang kita lakukan kepada anak-anak akan mereka lakukan kepada masyarakat. (Karl Menninger)
53. Setiap orang berbakat di bidang tertentu. Kita harus menemukan apa bakatnya. (Evelyn Blose Holman)
54. Aku bukan seorang guru, hanya musafir yang kautanyai arah. Aku menunjuk ke arah depan—ke depan dirimu sendiri dan ke depan dirimu. (George Bernard Shaw)
55. Apa yang ingin dipelajari murid sama pentingnya dengan apa yang ingin diajarkan guru. (Lois E. LeBar)
56. Ketika seseorang diajari sukacita belajar, hal ini menjadi proses seumur hidup yang tak pernah berhenti, proses yang menciptakan seorang pribadi logis. Inilah tantangan dan sukacita mengajar. (Marva Collins)
57. Di dalam setiap guru yang hebat terdapat jiwa seorang guru yang bahkan lebih hebat, menanti untuk keluar. (???)
58. Bertindaklah seolah apa yang kaulakukan membuat perbedaan, karena kenyatannya memang begitu. (???)
59. Banyak yang telah kupelajari dari guru-guruku, lebih banyak dari rekan-rekanku, tapi yang paling banyak adalah dari murid-muridku. (Talmud)
60. Ajari murid-muridmu menggunakan bakat apa pun yang mereka miliki; hutan akan sunyi jika yang berkicau hanyalah burung-burung yang paling merdu kicauannya. (???)
61. Anak-anak: cara yang hebat untuk mendewasakan orang. (???)
62. Jangan pernah mempunyai dugaan tentang anak-anak dan jangan pernah mempunyai dugaan untuk mereka. (George Orwell)
63. Pendidikan yang terbaik adalah penderitaan. (Benjamin Desraeli)
64. Kita cemas akan menjadi apa seorang anak nantinya, namun kita lupa bahwa ia sudah menjadi seseorang sekarang. (Stacia Tausher)
65. Tidak ada profesi yang lebih mulia dibanding guru. Guru yang hebat adalah artis, tepi medianya bukanlah kanvas, melainkan jiwa manusia. (???)
66. Pengalaman adalah nama yang diberikan setiap orang kepada kesalahannya. (Oscar Wilde)
67. Mengajari anak-anak berhitung memang bagus, tapi yang terbaik adalah mengajari mereka apa yang perlu diperhitungkan. (Bob Talbert)
68. Jika seorang guru, pengacara, atau dokter gigi sekaligus melayani dua puluh lima orang di dalam kantornya, yang semuanya mempunyai kebutuhan yang berbeda dan beberapa tidak mau berada di sana serta menimbulkan masalah, dan sang dokter, pengacara, atau dokter giri, tanpa bantuan, harus menangani mereka semua dengan kesempurnaan profesional selama sepuluh bulan, maka ia mungkin mempunyai sedikit gambaran tentang tugas seorang guru kelas. (Kathy A. Megyery)
69. Jika kau bisa membaca ini maka berterimakasihlah kepada guru. (Stiker Bemper)
70. Aku suka mendengarkan. Aku telah belajar banyak dari mendengarkan dengan cermat yang kebanyakan orang tidak pernah mendengarkannya. (Ernest Hemingway)
71. Kita menghidupi diri kita dengan apa yang kita terima, tetapi kita membuat kehidupan dengan apa yang kita berikan. (Winston Churchill)
72. Cobalah untuk tidak bersenang-senang… Ini pendidikan! (Charles Schulz)
73. Seorang guru sedang mencoba menekankan kepada murid-murid kelas satu SD-nya bahwa kemampuan menulis yang baik sangat penting.”Ingat,” katanya, “ jika kalian tidak belajar membuat tanda tangan, ketika sudah besar kalian akan harus selalu membayar kontan.” (Bits & Pieces)
74. Seorang guru menggandeng tangan, membuka pikiran, menyentuh hati, membentuk masa depan. (???)
75. Bu Moller yang baik, Terima kasih karena Ibu telah membantu saya ketika saya memerlukannya. Terima kasih karena Ibu tidak pulang seusai jam pelajaran untuk membantu saya mengerjakan PR dan proyek saya. Karena Ibu, saya akan melanjutkan ke sekolah menengah. Terima kasih untuk semua yang Ibu lakukan bagi saya. Terima kasih karena ibu telah membimbing saya belajar. Satu hal lagi: Ibu adalah guru yang terbaik! Salam, Andrew
76. Andrew yang baik, Terima kasih untuk semua yang telah kauberikan kepada Ibu. Kau ada di sana untuk membiarkan ibu membantumu. Terima kasih karena kau telah mengajari Ibu cara menjadi seorang guru yang lebih baik. Jika ibu adalah “guru yang terbaik”, satu-satunya penyebabnya adalah karena kau muridku. Ibu akan selamanya bangga akan apa yang telah kaucapai. Salam, Ibu Moller.
(Jack Canfield & Mark Victor Hansen. 2004. Chiken Soup for the Teacher’s Soul. Jakarta: Gramedia.)